Home » » cara mengawetkan kayu

cara mengawetkan kayu


Kayu sangat penting bagi manusia terutama untuk kebutuhan rumah tangga. Masalahnya adalah kayu sangat rentan terhadap berbagai penyakit seperti jamur dan rayap yang membuatnya menjadi lapuk. Tentu kita ingin membuat kayu menjadi lebih tahan lama dan awet. Usia kayu sebenarnya relatif tergantung dari jenis kayu dan perawatan nya. Untuk itu sebaiknya anda memiliki kayu yang memiliki tekstur yang keras seperti kayu jati dan merbau. Hanya saja mungkin harganya lebih sedikit mahal. Nah di sini kita akan membahas bagaimana cara untuk mengawetkan kayu. Beberapa caranya antara lain:

1. Lapisi kayu dengan cat minyak.
Ini sangat membantu kayu untuk mampu bertahan dari kelapukan karena terlindungi dari air.

2. Gunakan silinder
Cara ini juga sangat ampuh. Cat kayu dengan silinder akan membuatnya lebih bertahan lama. Tetapi ini akan membuat kayu menjadi hitam jika disentuh. Oleh karena itu cara ini sebaiknya hanya digunakan untuk mengawetkan kayu yang berada di luar ruangan.

3. Jauhkan kayu dari air dan kelembaban
Air sangat berbahaya bagi kayu. Karena dapat memicu tumbuhnya jamur dan memperpendek usia kayu.

4. Simpan kayu di dalam ruangan
Jika memungkinkan simpanlah kayu di dalam ruangan, karena embun, cahaya matahari dan perubahan cuaca dapat memperpendek usia kayu anda.

5. Lakukan perawatan berkala.
Bersihkan kayu anda dari kotoran seperti debu dan jamur. Jika ada menemukan tanda tanda adanya rayap segera untuk di basmi dengan anti rayap. Selain itu jika kayu anda berada di luar ruangan seperti kayu pagar maka lapisi dengan silinder secara berkala.

Nah demikianlah cara-cara untuk memperpanjang usia kayu, sehingga dapat membuatnya bertahan lebih lama.
Semoga Bermanfaat.
Share this article :

Post a Comment

 
My Support : Creating Website
Copyright © 2014. Terbuang - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger